Senin, 27 April 2015

Gempa Nepal



GEMPABUMI NEPAL 25 APRIL 2015

Nepal, negeri di atap Asia, tepatnya di lereng Pegunungan Himalaya yang terletak berbatasan dengan Tiongkok, India dan Banglades diguncang gempabumi hebat 25 April 2015, dengan kekuatan 7,8 SR. Pusat gempabumi sekitar 80 km arah barat laut ibu kota Nepal Katmandu. Gempabumi ini menguras emosi antar bangsa karena banyaknya warga negara asing yang legi berada di negera itu, karena mulai waktu pendakian, musim semi di belahan utara.
Akibat goncangan gempabumi ini hampr merata di Nepal mengalami kerusakan. Korban jiwa dilaporkan sudah hampir mencapai 4000 orang, dan ribuan luka-luka karena tertimpa rumah yang roboh, longsoran tebing maupun longsoran salju Himalaya. Secara fisis dianalisis bahwa gempabumi ini terjadi pada pertemuan antara lempeng tektonik India yang menekan lempeng tektonik Eurasia, dengan kecepatan 45 mm.tahun.
Jenis sesar saat terjadi gempa adalah sesar naik –thrust fault-, sama dengan sifat frontal naik dari tumbukan kedua lempeng, yang merupakan tenaga yang membentuk evolusi pegunungan Himalaya,
Posisi Pusat Gempabumi Nepal 25/04/2015



sumber usgs summary

0 komentar:

Posting Komentar